Menu

Sejauh Mana Mata Manusia Bisa Melihat?

Pernahkah kamu berpikir, sejauh mana mata kita dapat melihat tanpa teropong atau alat bantu lainnya? Berapa meter jarak yang bisa kita lihat? Berikut penjelasannya.


Menurut penelitian rentang penglihatan seseorang tidak terbatas alias kamu dapat melihat bermil-mil. Pada hari yang cerah, kamu dapat melihat hingga 3 mil( atau sekitar 4 kilometer). Jika kamu melihat ke langit, kamu dapat melihat bintang-bintang di malam hari yang jaraknya jutaan mil.


Lebih mudah untuk melihat objek yang terang dan besar. Misalnya, bulan, matahari, bintang, dll. Terjauh yang dapat kamu lihat di lautan adalah sekitar 2,9 mil (atau sekitar 3 kilometer lebih).


Faktor-faktor mata manusia bisa melihat jauh

  • Penglihatan seseorang dan kesehatan mata secara keseluruhan: Memiliki penglihatan yang sehat adalah faktor utama untuk menentukan seberapa jauh kamu dapat melihat. Inilah sebabnya mengapa penting untuk melakukan pemeriksaan mata dan memakai kacamata yang tepat jika perlu.

  • Kecerahan dan ukuran objek: Objek yang lebih besar lebih mudah dilihat, tetapi kecerahan juga berperan. Inilah sebabnya mengapa mudah untuk melihat bintang-bintang di langit yang jaraknya jutaan mil.

  • Garis Pandang: Tergantung pada sudut objek, mungkin ada halangan untuk membiarkan kamu melihat lebih jauh.


Lantas, seberapa jauh mata manusia bisa melihat? Mata manusia dapat melihat hingga jutaan mil jauhnya dengan mempertimbangkan keadaan dan faktor-faktornya. Jika bukan karena penghalang visual seperti kelengkungan bumi, benda, dll. kamu akan dapat melihat untuk jarak yang jauh.

Ingin LASIK? Atau ingin konsultasi pra LASIK secara virtual? Klik link ini. Say goodbye kacamata/lensa kontak dan nikmati penglihatan barumu bersama LASIK Asyik by SMEC. LASIK Asyik, cepat, aman dan nyaman!

Sumber:

Go Back