Menu

Bagaimana Merawat Mata Pasca LASIK?

Ternyata after LASIK, kamu perlu merawat mata kamu loh! Seperti apa langkah dan caranya?


Untuk membantu proses penyembuhan setelah LASIK, kamu perlu mengikuti arahan atau cara merawat mata kamu pasca LASIK, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan dan hindari: 


Hindari menyentuh atau menggosok mata Anda


Hindari menggosok atau menyentuh mata setelah operasi LASIK, karena permukaan mata Anda masih sensitif. Dokter Anda akan merekomendasikan sejenis kacamata pelindung yang harus digunakan, salah satunya untuk menghindari Anda menggosok mata secara tidak sadar. Perlindungan dengan kacamata ini harus dijalani setidaknya selama dua minggu.


Hindari percikan air ke area wajah


Jangan mandi pada hari pertama pasca prosedur. Hindari sabun dan air selama beberapa hari karena mereka bisa masuk ke mata ketika Anda memercikkan air ke area wajah. Jika terpaksa mandi, segera keringkan wajah Anda dan hindari menggosok handuk di sekitar tepi mata.


Stop dulu berolahraga!


Selama sekitar satu bulan, hindari olahraga apapun terutama olahraga air. Lapangan olahraga sangat mungkin berpasir atau berdebu dan saat angin bertiup, otomatis Anda akan mengucek mata. Debu atau pasir yang mengenai mata dapat menyebabkan cedera.


Hindari cahaya terang dan sinar matahari langsung


Pasca operasi, mata Anda akan sensitif terhadap cahaya selama beberapa hari pertama, bahkan saat Anda berada di dalam ruangan. Pastikan Anda tidak terekspos terhadap sinar yang kelewat terang selama masa ini. 


Gunakan obat tetes mata sesuai anjuran


Pastikan Anda mengonsumsi obat tetes sesuai petunjuk yang diresepkan oleh dokter Anda. Di hari pertama, obat tetes mata ini mungkin terasa tidak nyaman namun tanpa lubrikasi, kornea Anda dapat mengalami iritasi.


Perbanyak beristirahat


Ambil waktu istirahat selama 24 jam pertama setelah operasi. Meskipun Anda merasa baik-baik saja, jangan terburu-buru kembali ke rutinitas normal Anda. Hindari membaca terlalu lama, aktivitas yang berat atau menggunakan perangkat elektronik seperti komputer dan televisi. Dokter bahkan mungkin merekomendasikan Anda untuk tidur siang lebih lama. Saat Anda tidur, tubuh Anda sedang melakukan proses penyembuhan.


Selain melakukan hal-hal di atas, Anda juga sebaiknya terus berkomunikasi dengan dokter mata Anda. Perlu diingat bahwa sehari setelah prosedur LASIK, Anda masih harus menjalani pemeriksaan dan selama beberapa bulan ke depan, dokter Anda akan terus memantau proses penyembuhan mata Anda. Semua ini diperlukan agar hasil prosedur LASIK Anda maksimal dan mata bisa pulih dengan lancar. 


Ingin LASIK? Atau ingin konsultasi pra LASIK secara virtual? Klik link ini. Say goodbye kacamata/lensa kontak dan nikmati penglihatan barumu bersama LASIK Asyik by SMEC. LASIK Asyik, cepat, aman dan nyaman!

Go Back