Menu

Seperti Apa Rasanya Operasi LASIK?

Demi memiliki penglihatan yang jelas, orang rela terus-menerus bergantung kepada kacamata atau lensa kontak. Banyak yang merasa lelah dengan hal ini dan akhirnya mempertimbangkan prosedur LASIK. Uniknya, proses LASIK ternyata tidak seperti yang orang bayangkan.


Tapi seperti apa sih prosedur LASIK itu? Sakit atau tidak? Berapa lama operasinya? Ada efek sampingnya tidak? Tepat di hari-H prosedur LASIK, dokter kamu akan memberikan obat tetes mata yang mengandung anestesi lokal. Saat kamu mengedipkan mata, zat anestesi ini akan menyebar  ke seluruh mata kamu. Mata kamu kemudian menjadi mati rasa dan kamu tidak akan merasakan sakit selama prosedur.


Setelah itu, dokter ahli bedah LASIK akan membuat flap (pembukaan lapisan) yang sangat tipis di kornea kamu dengan alat bedah kecil. Dokter kemudian melipat flap untuk mengakses kornea di bawahnya dan mengangkat beberapa jaringan kornea dengan menggunakan laser. Setelah ablasi laser terhadap kornea, flap kemudian diletakkan kembali di tempatnya, menutupi area tepat di atas jaringan kornea yang telah diperbaiki. 


Prosedur LASIK umumnya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk kedua mata dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun kamu mungkin saja merasakan sedikit ketidaknyamanan atau tekanan ringan di mata. Mengalami sensasi terbakar atau gatal sementara, sesaat setelah prosedur juga merupakan kondisi yang wajar. 


Pasca prosedur LASIK, dokter akan meminta kamu untuk istirahat sebentar. Setelah dilakukan pemeriksaan singkat pasca operasi, kamu akan diperbolehkan pulang. Penglihatan kabur sementara setelah operasi mungkin saja terjadi, maka dari itu kamu tidak disarankan untuk mengemudi. Keesokan harinya, penglihatan kamu akan mengalami peningkatan dalam beberapa hari.


Proses penyembuhan prosedur LASIK hanya membutuhkan waktu beberapa hari, dan kurang dari sebulan biasanya pasien sudah pulih total. Setelah itu, pasien LASIK dapat kembali melakukan aktivitas mereka masing-masing.


Ingin LASIK? Atau ingin konsultasi pra LASIK secara virtual? Klik link ini. Say goodbye kacamata/lensa kontak dan nikmati penglihatan barumu bersama LASIK Asyik by SMEC. LASIK Asyik, cepat, aman dan nyaman!


Go Back

Ilustrasi tindakan/operasi LASIK